Logo Wastu Property

Cara memilih properti yang tepat untuk investasi

Investasi properti telah lama menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin membangun kekayaan jangka panjang. Dengan memilih properti yang tepat, Anda dapat menikmati passive income yang stabil dan nilai jual yang terus meningkat.

Namun, memilih properti untuk investasi tidak boleh asal-asalan. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti lokasi, jenis properti, kondisi pasar, dan strategi investasi Anda.

Daftar isi

Memilih properti yang sesuai

Memilih properti yang sesuai

Artikel ini akan memandu Anda dalam memilih properti yang tepat untuk investasi. Kami akan membahas berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan, serta tips dan saran untuk memaksimalkan keuntungan investasi Anda.

Memilih properti yang tepat untuk investasi merupakan langkah penting untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda:

Tentukan Tujuan Investasi

Tentukan Tujuan Investasi

Langkah pertama adalah menentukan tujuan investasi Anda. Apakah Anda ingin membeli properti untuk disewakan dan mendapatkan penghasilan pasif? Atau Anda ingin membeli properti untuk dijual kembali dengan keuntungan di masa depan? Tujuan ini akan menentukan jenis properti yang tepat untuk Anda.

Menentukan tujuan investasi properti yang tepat melibatkan pertimbangan berbagai faktor seperti keuangan pribadi, risiko, tujuan jangka panjang, dan pengetahuan tentang pasar properti. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu Anda menentukan tujuan investasi properti yang tepat:

  • Tentukan Tujuan Keuangan

Pertama-tama, tentukan apa yang ingin Anda capai dengan investasi properti. Apakah itu untuk mendapatkan pendapatan pasif, pertumbuhan modal, diversifikasi portofolio, atau untuk tujuan pensiun?

  • Lakukan Analisis Keuangan

Evaluasi keuangan Anda, termasuk ketersediaan modal awal, kemampuan untuk memperoleh pembiayaan, dan kemampuan untuk menangani biaya operasional properti. Pastikan untuk mempertimbangkan biaya-biaya seperti pajak, asuransi, biaya perawatan, dan biaya manajemen properti.

  • Pahami Risiko dan Pengembalian

Kenali risiko dan potensi pengembalian dari investasi properti. Properti memiliki risiko seperti perubahan pasar, kekosongan penyewa, dan biaya pemeliharaan. Namun, dapat memberikan pengembalian yang stabil dalam jangka panjang.

Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi merupakan salah satu faktor terpenting dalam memilih properti untuk investasi. Pilihlah lokasi yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi, seperti dekat dengan pusat bisnis, area pendidikan, atau infrastruktur publik. Pertimbangkan juga aksesibilitas dan kemudahan transportasi.

Memilih lokasi yang tepat untuk investasi properti adalah kunci keberhasilan dalam investasi properti. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda memilih lokasi yang tepat:

  • Perhatikan Ketersediaan Fasilitas Umum

Pastikan properti berada di lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, transportasi publik, dan tempat rekreasi. Lokasi yang strategis dan nyaman bagi penyewa atau pembeli potensial akan meningkatkan daya tarik properti Anda.

  • Perhatikan Pembangunan Infrastruktur

Amati rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi properti. Proyek-proyek pembangunan seperti jalan tol baru, stasiun kereta api, atau pengembangan kawasan industri dapat meningkatkan nilai properti di masa depan.

Lakukan Riset Pasar

Lakukan Riset Pasar

Sebelum membeli properti, penting untuk melakukan riset pasar untuk mengetahui harga pasaran properti di lokasi yang Anda pilih. Bandingkan harga properti serupa di area sekitar untuk mendapatkan gambaran nilai investasi yang potensial. Anda juga perlu mempelajari tren pasar properti dan prospeknya di masa depan.

  • Tinjau Potensi Pertumbuhan

Pilih lokasi yang memiliki potensi pertumbuhan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tinjau proyeksi ekonomi, infrastruktur yang sedang dibangun, rencana perkembangan kota, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi nilai properti di masa depan.

  • Pelajari Kondisi Pasar Lokal

Lakukan riset tentang kondisi pasar properti di lokasi yang Anda minati. Tinjau tren harga properti, tingkat permintaan penyewa atau pembeli, tingkat ketersediaan properti, dan tingkat persaingan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan agen real estat lokal atau profesional properti untuk informasi lebih lanjut.

Pertimbangkan Jenis Properti

Pertimbangkan Jenis Properti

Ada berbagai jenis properti yang dapat Anda investasikan, seperti rumah, apartemen, ruko, dan tanah. Pilihlah jenis properti yang sesuai dengan tujuan investasi Anda dan budget yang Anda miliki. 

Jenis properti yang Anda pilih akan bergantung pada tujuan investasi dan target pasar. Apartemen cocok untuk investasi jangka pendek dengan target pasar profesional muda. Rumah tapak atau ruko ideal untuk investasi jangka panjang dengan target keluarga.

Memilih jenis properti yang tepat untuk investasi merupakan langkah penting dalam membangun portofolio properti yang sukses. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih jenis properti untuk investasi:

  • Jenis Properti

Pertimbangkan berbagai jenis properti, seperti properti residensial (rumah, apartemen), properti komersial (kantor, ritel, industri), properti sewa jangka pendek (rumah liburan, apartemen harian), atau properti pengembangan (tanah kosong, proyek konstruksi baru). Pilih jenis properti yang paling sesuai dengan keahlian Anda, risiko toleransi, dan tujuan investasi Anda.

  • Kondisi Properti

Tinjau kondisi fisik properti, termasuk usia, kualitas konstruksi, dan tingkat pemeliharaan. Pastikan properti dalam kondisi baik atau memerlukan sedikit pembaruan agar dapat menghasilkan pengembalian investasi yang optimal.

  • Biaya Operasional

Pertimbangkan biaya operasional yang terkait dengan kepemilikan dan pengelolaan properti, seperti pajak properti, asuransi, perawatan rutin, dan biaya manajemen properti. Pastikan Anda dapat mengelola biaya-biaya ini dengan benar untuk menjaga profitabilitas investasi Anda.

Perhatikan Fasilitas dan Legalitas

Perhatikan fasilitas yang tersedia di properti, seperti keamanan, kolam renang, atau taman. Fasilitas yang lengkap dapat meningkatkan nilai investasi dan menarik minat penyewa. Pastikan legalitas properti lengkap dan sah untuk menghindari masalah di masa depan.

Memperhatikan fasilitas dan legalitas properti adalah langkah penting dalam proses pengambilan keputusan investasi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Fasilitas Eksternal

Perhatikan fasilitas eksternal seperti halaman, garasi, teras, dan fasilitas komunal (jika ada). Fasilitas eksternal yang baik dapat meningkatkan daya tarik properti.

  • Legalitas Properti

Dalam hal legalitas properti Anda harus benar-benar memastikan bahwa semua legalitas harus sudah terpenuhi untuk menghindari permasalahan di masa depan. Diantaranya : 

  1. Status Kepemilikan (SHM, SHGB)
  2. Dokumen-dokumen Penting (IMB/PGB, SIUJK, SKT dan lainnya)
  3. Izin dan Peraturan Zonasi
  4. Status Pajak (PBB)
Hitung Potensi Keuntungan

Hitung Potensi Keuntungan

Sebelum membeli properti, penting untuk menghitung potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti harga sewa, biaya perawatan, dan nilai jual properti di masa depan. Pastikan investasi Anda menghasilkan keuntungan yang positif.

Menghitung potensi keuntungan dari investasi properti melibatkan evaluasi pendapatan yang diharapkan dan biaya yang terkait dengan kepemilikan serta pengelolaan properti. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menghitung potensi keuntungan:

  • Pendapatan Sewa

Hitung pendapatan sewa yang diharapkan dari properti Anda. Ini dapat didasarkan pada tingkat sewa pasar untuk properti serupa di lokasi yang sama. Pastikan untuk memperhitungkan faktor-faktor seperti tingkat penyewaan yang realistis, kemungkinan kenaikan sewa di masa depan, dan potensi penghasilan dari layanan tambahan seperti parkir atau penyewaan furnitur.

  • Pengeluaran Tetap

Identifikasi pengeluaran tetap yang terkait dengan kepemilikan properti, seperti pembayaran hipotek (jika ada), pajak properti, asuransi properti, biaya perawatan rutin, dan biaya manajemen properti (jika Anda menggunakan jasa manajemen properti).

  • Biaya Variabel

Hitung biaya-biaya variabel yang terkait dengan properti, seperti biaya pemasaran untuk mencari penyewa baru, biaya perbaikan yang tidak terduga, biaya perawatan lanjutan, dan biaya lainnya yang mungkin timbul selama kepemilikan properti.

  • Penghasilan Bersih

Kurangkan total pengeluaran dari pendapatan kotor untuk mendapatkan penghasilan bersih bulanan atau tahunan dari properti Anda.

  • Pengembalian Modal

Hitung pengembalian modal yang diharapkan dari investasi properti. Ini dapat meliputi apresiasi nilai properti dari waktu ke waktu dan potensi pendapatan modal dari penjualan properti di masa depan.

  • Return on Investment (ROI)

Hitung Return on Investment (ROI) sebagai persentase dari keuntungan bersih dibandingkan dengan investasi awal. Rumus umum untuk ROI adalah: (Keuntungan Bersih / Investasi Awal) x 100%.

  • Analisis Sensitivitas

Lakukan analisis sensitivitas untuk memahami bagaimana perubahan dalam faktor-faktor seperti tingkat sewa, biaya, atau tingkat bunga dapat mempengaruhi potensi keuntungan Anda dari investasi properti.

Gunakan Jasa Agen Properti yang Terpercaya

Gunakan Jasa Agen Properti yang Terpercaya

Jika Anda masih belum yakin dalam memilih properti untuk investasi, Anda dapat menggunakan jasa sperti agen properti yang terpercaya seperti Wastu Property, konsultan keuangan, atau penilai properti. Agen properti dapat membantu Anda mencari properti yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda dan Mereka tentunya dapat membantu Anda memilih properti yang tepat dan mengelola investasi Anda dengan baik.

Memilih jasa agen properti yang tepat merupakan langkah penting dalam proses investasi properti Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda memilih agen properti yang sesuai:

  • Periksa Pengalaman dan Reputasi

Periksa pengalaman agen properti dan reputasi mereka di industri. Pilih agen properti yang telah memiliki pengalaman yang cukup dan memiliki rekam jejak yang baik dalam membantu klien mereka mencapai tujuan investasi properti mereka.

  • Perhatikan Spesialisasi

Tinjau spesialisasi agen properti tersebut. Pilih agen properti yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam jenis properti yang Anda minati, apakah itu properti residensial, komersial, sewa jangka pendek, atau pengembangan properti.

  • Cek Lisensi dan Sertifikasi

Pastikan agen properti memiliki lisensi dan sertifikasi yang sah sesuai dengan regulasi setempat. Ini menjamin bahwa agen properti tersebut mematuhi standar etika dan profesionalisme yang diperlukan dalam industri properti.

  • Evaluasi Strategi Pemasaran

Tinjau strategi pemasaran yang digunakan oleh agen properti tersebut. Pilih agen properti yang memiliki strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan properti Anda dan menjangkau calon pembeli atau penyewa potensial.

Tips tambahan

  •  Periksa legalitas properti sebelum membelinya. Pastikan properti tersebut memiliki sertifikat hak milik yang sah.
  • Lakukan inspeksi properti sebelum membelinya untuk memastikan kondisi properti tersebut.
  • Diversifikasikan portofolio investasi Anda dengan membeli properti di berbagai lokasi dan jenis properti.
  • Gunakan strategi “buy and hold” untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang dari kenaikan nilai properti.
  • Lakukan perawatan properti secara berkala untuk menjaga nilainya.

 

Sumber informasi yang dapat membantu Anda:

  • Situs web agen properti
  • Situs web portal properti
  • Majalah properti
  • Pameran properti

Investasi properti dapat menjadi cara yang efektif untuk mengembangkan kekayaan. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memilih properti yang tepat dan memaksimalkan keuntungan investasi Anda. Semoga tips-tips ini membantu Anda memilih properti yang tepat untuk investasi.